Add me on Google+
Add me on Facebook

Apa Itu Biodiesel Dan Bahan-Bahan Pembuatannya

Posted by Labels: at
Biodiesel merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran monoalkyl ester dari rantai panjang asam lemak yang di pakai sebagai alternatif bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak nabati atau lemak hewan. Biodiesel digunakan sebagai bahan bakar pengganti BBM untuk mesin diesel.
Biodiesel merupakan kandidat yang paling dekat untuk menggantkan bahan bakar fosil sebagai contoh yaitu sumber energi transportasi utama dunia, karena biodiesel merupakan bahan bakar terbaharui yang dapat menggantikan diesel petrol di mesin sekarang ini dan dapat diangkut dan dijual dengan menggunakan dengan infrastruktur sekarang ini.

Biodiesel dapat dibuat dari transesterifikasi asam lemak. Asam lemak dari minyak lemak nabati direaksikan dengan alkohol menghasilkan ester dan produk sampingnya berupa gliserin yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan biodiesel sebagai berikut :
1. Metanol 
 
Metanol juga dikenal sebagai metil alkohol atau spiritus. Metanol adalah bentuk alkohol yang  paling sederhana. Metanol diproduksi secara alami oleh bakteri.

2. Minyak murni

 Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cairan dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. Minyak goreng dari tumbuhan biasanya dihasilkan dari tanaman seperti kelapa, biji-bijian, kacang-kacangan, jagung, kedelai dan kanola.

3. Katalis
Seperti  reaksi kimia pada umunya, pada reaksi esterifikasi dan transesterifikasi ditambahkan katalis untuk mempercepat laju rx dan meningkatkan perolehan. Katalis dapat menurunkan energi aktifitas pada suatu zat. Zat yang memiliki energi aktifitas akan sulit meregangkan gugus senyawanya sehingga reaksi akan lama terjadi dan untuk mempercepatnya dibutuhkan katalis untuk mempercepat reaksi.
Untuk pembuatan biodiesel menggunakan katalis KOH. KOH adalah sejenis basa logam kaustik. KOH membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan kedalam air.

3 comments:

Terimakasih atas komentarnya

Back to Top