Add me on Google+
Add me on Facebook

Cheetah mamalia tercepat di dunia karna apa?

Posted by Labels: at
Cheetah adalah mamalia tercepat di dunia . Dengan akselerasi yang akan meninggalkan kebanyakan mobil cheetah bisa lari dari 0 hingga 60 mil (96 kilometer) per jam hanya dalam tiga detik. Kucing besar ini cukup gesit dengan kecepatan tinggi dan dapat membuat tikungan cepat dan mendadak dalam mengejar mangsa.

Cheetah benar-benar diciptakan untuk kecepatan! Hampir setiap bagian tubuhnya diadaptasi dalam beberapa cara untuk membantu berjalan lebih cepat. Bantalan kaki khusus dan cakar semi-retractable memberikan traksi yang besar. Lubang hidung besar dan paru-paru memberikan asupan udara cepat; hati , jantung dan adrenal yang besar  membantu memfasilitasi respon fisik yang cepat.

Sebuah bodi yg panjang,  fluid, -seperti anjing greyhound, menjadikan tubuh ramping didukung tulang yang ringan. Tulang selangka dan tulang belikat kecil vertikal membantu memperpanjang langkah tersebut. Ekor bertindak sebagai kemudi untuk memutar cepat ditambah fovea retina mata berbentuk memanjang, memberikan cheetah  sudut lebar dan tajam akan pemandangan sekitarnya. “Bulu mata” gelap di bawah mata masing-masing juga dapat meningkatkan ketajaman visual dengan meminimalkan silau matahari. Tulang belakang bekerja sebagai pegas untuk kaki belakang yang kuat untuk memberikan cheetah  kecepatan dalam setiap langkah.

Namun kecepatan maksimalnya sangat berat secara fisiologis untuk Cheetah. Top speed, 71 mil per jam (114 kilometer per jam), biasanya dapat dipertahankan hanya 200-300 yard (274 meter). Pada saat itu suhu tubuh cheetah meningkat pada setiap pengerahan tenaga dan harus beristirahat.
Sebelum melepaskan kecepatan mereka, cheetah menggunakan penglihatan sangat tajam untuk memindai lingkungan padang rumput untuk mencari tanda-tanda mangsa, terutama kijang dan kelinci. kucing besar ini adalah pemburu siang hari yang memanfaatkan  gerakan mengintai dan bulu berbintik khas yang memungkinkan untuk berbaur dengan mudah ke  rumput kering yang tinggi,.

Ketika saat yang tepat cheetah akan lari cepat dan berupaya untuk merobohkan mangsa. Karena mengejar membutuhkan sejumlah besar energi maka biasanya perburuan selesai  dalam waktu kurang dari satu menit. Jika berhasil, cheetah sering akan menyeretnya ke tempat persembunyian teduh untuk melindunginya dari hewan oportunistik yang kadang-kadang mencurinya sebelum cheetah bisa makan. Cheetah hanya perlu minum sekali setiap tiga sampai empat hari.

Cheetah perempuan biasanya memiliki tiga anak dan hidup bersama mereka selama satu setengah sampai dua tahun. Anaknya menghabiskan tahun pertama mereka belajar dari ibu mereka dan berlatih teknik berburu dan bermain . Cheetah jantan hidup sendirian atau kelompok kecil, seringkali dengan gerombolan mereka.

Cheetah yang paling liar ditemukan di timur dan barat daya Afrika. Mungkin hanya 7.000 sampai 10.000 tersisa, dan mereka terdesak karena padang rumput yang terbuka semakin berkurang.


Rangkuman data singkat cheetah :
- Akselerasi : 0~96km/h : 3 detik
- Top speed : 114 km/h
- Jarak maksimum dengan top speed : 274 m
- Diluar jarak tersebut, tubuh Cheetah overtemperature
- Gesit dlm kecepatan tinggi dan mampu menikung mendadak 
 - Hanya sekali minum dalam 4 hari (tidak dijelaskan berapa liter)  

Desain menakjubkan Cheetah yang mendukung lari cepatnya :
- Bantalan kaki khusus dan cakar semi-retractable
- Lubang hidung besar dan paru-paru istimewa
- Hati , jantung dan adrenal yang besar
- Bodi yg panjang,  fluid, ramping, tulang yang  ringan
- Tulang selangka dan tulang belikat kecil vertikal
- Ekor bertindak sebagai kemudi untuk memutar cepat
- Fovea retina mata berbentuk memanjang untuk visi
- “Bulu mata” gelap yang meningkatkan ketajaman visual dengan meminimalkan silau matahari
- Tulang belakang seperti pegas untuk kaki belakang yang kuat

Berikut Sedikit Video cheetah mengejar mangsa dengan kecepatan tinggi :




1 comment:

Terimakasih atas komentarnya

Back to Top